Sunday 13 May 2012

Meski Hangus, Basarnas Yakin Kondisi Black Box Masih Baik

Kotak hitam / black box sukhoi

Kepala Basarnas, Marsekal Madya Daryatmo meyakini kotak hitam Sukhoi Superjet 100 yang ditemukan Selasa kemarin masih dalam kondisi baik, meski saat pertama kali diambil keadaannya hangus terbakar. "Kondisi terbakar. Tapi komponennya masih bisa digunakan karena hanya kulitnya," kata Daryatmo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu(16/5/2012).

Daryatmo menjelaskan, kotak hitam kini sudah diserahkan secara resmi ke Komisi Nasional Keselamatan Transportasi(KNKT) hari ini.
"Pagi tadi saya serah terimakan kepada ketua KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi). Saya sampaikan barang tersebut adalah VCR(Voice Cockpit Recorder)," kata Daryatmo.

Sementara saat ditanyakan mengenai proses evakuasi jenazah korban penumpang Sukhoi Superjet 100, Daryatmo mengatakan hal itu masih akan terus dilakukan. Namun, lanjut Daryatmo, pihaknya kini berupaya meminta rekomendasi kepada kementerian kesehatan. "Korban kan sudah tujuh hari. Saya sedang minta rekomendasi kemenkes bagaimana selanjutnya. Bagaimana dampaknya pada rescuer," pungkasnya.

Sumber: Basarnas Yakin Kondisi Black Box Masih Baik